SPACE IKLAN

header ads

Yaski Pranata Datangi Kantor Kejari Sumbawa, Lapor Proses Tender Proyek di PBJ/ULP Sumbawa

Foto. Istimewa.

Senin, 24 Juni 2024.
Oleh, Hermansyah.
Editor, Baiq Nining.

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔.𝗜𝗗,𝗦𝗨𝗠𝗕𝗔𝗪𝗔 - Yaski Pranata yang beramat di RT. 004 RW. 003 Dusun Songkar Tengah Desa Songkar Kec. Moyo Utara  Kabupaten Sumbawa, tiba mendatangi kantor Kejari Sumbawa yang beralamat dijalan manggis 7 Kelurahan Umasima Sumbawa.

Kepada wartawan mengatakan bahwa dirinya melaporkan sejumlah proyek tender yang dilakukan oleh PBJ/ULP Sumbawa. 

"Jadi maksud dan tujuan saya datang kesini untuk melaporkan tentang proses tender yang diduga cacat dalam proses lelang,"ujarnya, Senin (24/6).

Menurutnya, ada empat paket proyek yang saya laporkan ke kantor Kejari Sumbawa. Paket proyek tersebut yakni proyek pembangunan RSUD Sumbawa dengan nilai Rp 20 miliar, pembangunan pagar RSUD Rp 5,5 miliar, pembangunan Bendung Batusoan Rp 5,4 miliar dan Pembangunan Lefkes pada Dikes Sumbawa dengan nilai Rp 12,8 miliar.

Menurut Yaski akrab dirinya disapa bahwa dalam proses tender  pagar RSUD Sumbawa  dalam syarat dokumen lelang batchingplant & truckmixer,tapi di analisa harga tidak ada batchingplan sama truckmixer & DI BATU SOWAN tidak ada alat truckmixer sementara batchingplant ada,truckmixer sama batchingplant satu kesatuan yang tak terpisahkan. Sebab,  batchingplant produksi beton,truckmixer buat angkut beton ke lokasi pekerjaan,dumptruck buat angkut material batu saja diminta dalam dokumen sebanyak 3 unit dump truck. Pengkondisisan yang sangat jelas,alat KSB BATCHINGPLANT sementara yang sudah - sudah  menang tidak ada  dari KSB,"beberapa Yaski.

Lanjut Yaski, sedangkan pada proses lelang RSUD tidak dilakukan negosiasi harga dalam aturannya  wajib dilakukan nogosiasi harga. Sebab, hanya satu penawar yang menawarkan & menang,

"PPK juga wajib hukumnya membuat story HPS RSUD minimal tiga histori HPS. Tapi,  sebagai acuan dalam menuangkan harga ke RAB yang akan di tayangkan. Saya yakin PPK tidak melakukan pembuatan history HPS turun ke lapangan,"timpalnya.

Lebih jauh dua katakan Batchingplant berasal dari  KSB dan sumbawa besar. Dan kenapa  dokumen di tambah pada saat aniwizing boleh ksb,padahal aniwizing itu hanya mengatur tentang pemberian penjelasan terkait pekerjaan bukan merubah atau menambah syarat lelang dalam LDP,"bebernya.

Masih kata Yaski Dalam proses lelang Batusoan juga saya yakin PPK PUPR  tidak melakukan probilyti audit yang dituangkan dalam berita acara.  Hal ini dilakukan oleh apip inpektorat pada tgl 19 juni 2024 sebelum  melakukan penambahan syarat atau perubahan syarat,jadi saya yakin semua pekrjaan itu mengarah ke satu orang & monopoli,"jelasnya.

Masih menurut Yaski dirinya juga merasa ironis sekali dengan pengetahuan yang dimiliki oleh kadis PUPR DIAN SIDHARTA yang  plin plan dalam hal dia selaku KPA/PA,aturan dibuat & dibolak balik seenaknya nya,padahal kami tahu bahwa smua pekerjaan lelang yang  paus2 di sumbawa merupakan pesanan untuk memuaskan syahawat pimpinannya.

"Kami tahu ini tahun politik. Dimana segala sesuatu membutuhkan bajed/coz politik.  Tapi maennya soft dong,jangan kebablasan,sehingga menutup mata atas sesuatu yang benar. Jangan yang salah dibenarkan,parahnya lagi hampir semua pokja pemilihan di PBJ/ULP sumbawa sudah tidak profesional dalam hal menilai & memberi keputusan terhadap peserta lelang,"pangkasnya

Terpisah Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sumbawa Dian Sidharta dihubungi tim media ini mengatakan bahwa hal tersebut sudah pernah dikonfrontasikan langsung dengan yaski.

"Saya sudah konfrontasi langsung sama yaski tentang hal tersebut dan dia sudah faham.

Menurutnya, Karena  pada  prinsipnya begini karena masing - masing  pekerjaan itu tidak di PU saja. Dan itu paralel ada di rumah sakit dan ada di PU. 

"Nah, masing - masing sistem itu punya kajiannya masing - masing. Karena didalam RAB yang ditawar karena ada pekerjaan dan spek khusus dengan semen. ( Campuran beton red) Nah, campuran beton itu ketika cara membuatnya dengan peralatan yang dipakai sesuai. 

" Khusus dengan pengantaran ini kan berbeda lagi dia. Pengantaran itu dibutuhkan waktu tertentu. Sehingga dia bisa dipakai hasil cornya itu,"ujarnya.

Lanjutnya, yang pertama itu sangat optimal. Dengan melakukan batcingplant  ataupun prosesnya yang ada di Kabupaten Sumbawa itu secara Haraga lebih profesional.  Dengan munculnya pertanyaan - pertanyaan maka menjadikan pertimbangan.

" Penawaran yang terjadi merupakan penawaran terendah maka ketika PPK mungkin di awal itu dari PU itu tidak dicantumkan. Dan itu di Pokja. Dan itu sudah paralel dengan dokumen. Yang sebelumnya,"tandasnya.

Dian menjelaskan Mengapa di Kabupaten Sumbawa karena dukungan awalnya di rumah sakit. Dari PU itu tidak ada nama lokasi. 

Sedangkan Ketika ditanya tentang persyaratan awal seperti yang ada di poin 13.2  itu kan jelas kalau perubahan rencana kontrak, spesifikasi teknis, gambar dan atau hps harus mendapat persetujuan PPK sebelum dituangkan dalam adendum dan kok bisa berubah, Dian  mengatakan bahwa saat itu ada PPK hadir di ULP,"katanya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar