𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔.𝗜𝗗|𝗟𝗢𝗠𝗕𝗢𝗞 𝗨𝗧𝗔𝗥𝗔-Guna efektivitas pelayanan air bersih di Kabupaten Lombok Utara (KLU) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Amerta Dayan Gunung, atau PDAM KLU membuka kantor cabang pelayanan di Kecamatan Gangga. Kantor pelayanan tersebut mulai beroperasi sejak awal Desember 2024. Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Pelayanan PDAM Cabang Gangga Dedi Mizwar saat dikonfirmasi, Selasa ( 03/12/2024 ).
Menurut Dedi, kantor pelayanan cabang Gangga mulai beroperasi dari 1 Desember lalu, dan saat ini sudah melayani beberapa kebutuhan pelanggan seperti pembayaran air, pendaftaran pelanggan baru, hingga pengaduan soal teknis.
"Sejak kita buka pelayanan di Gangga, sudah cukup banyak pelanggan yang memanfaatkan keberadaan kantor ini. Ada yang pasang baru, ada yg membayar, ada juga yang mengadu soal teknis," jelas Dedi.
Pihaknya mengaku, dengan adanya kantor cabang di Gangga, membuat pelayanan air bersih PDAM KLU semakin efektif. Sebelumnya pelayanan untuk Kecamatan Gangga, tergabung dengan pelayanan di kantor pusat Tanjung.
"Dengan pembagian wilayah kerja ini tentu makin memudahkan kami memberikan pelayanan yang optimal. Kalau dulu masih gabung di kantor pusat itu pekerjaan bisa menumpuk di satu tempat," katanya.
Sementara itu, Direktur Utama PDAM KLU Firmansyah membenarkan pernyataan Dedi. Ia mengatakan cukup banyak pelanggan PDAM di Kecamatan Gangga sehingga perlu adanya kantor pelayanan khusus. Jangkauan kerja masing-masing wilayah juga dapat dikongkretkan, sehingga pelayanan dapat dilakukan dengan lebih efektif.
"Jumlah pelanggan kita di Gangga itu lebih dari 5.000, ini membutuhkan pelayanan khusus, oleh sebab itu kami rasa pembukaan kantor cabang di Gangga adalah hal tepat," kata Firman.
Menurut Firman, pelanggan PDAM KLU di Kecamatan Gangga mencapai desa-desa pelosok sehingga dibukanya pelayanan di Gangga dapat mempermudah masyarakat. Pelanggan dulunya harus jauh-jauh ke Tanjung, sekarang sudah tidak perlu lagi, pasalnya ada 12 orang personel PDAM KLU yang ditempatkan di Kecamatan Gangga mulai dari manajemen hingga tim teknis.
"Kalau dulu pelayanan numpuk di Tanjung, masyarakat juga jauh untuk mengakses, misalnya seperti pelanggan kami yang di Rempek atau Sambik Bangkol, tapi sekarang mereka bisa lebih dekat ke Lendang Bagian (Lokasi kantor cabang PDAM di Gangga)," jelas Firman.
Khusus untuk pembayaran, lanjut Firman, pelanggan dapat lebih mudah membayar melalui m-banking atau e-payment, lantaran dapat langsung diakses oleh pelanggan melalui HP tanpa mengantre, tanpa perlu ke kantor PDAM. Namun, jika ada permintaan pemasangan baru atau keluhan teknis, pelanggan dapat langsung ke kantor layanan PDAM di masing-masing kecamatan.
"Kalau pembayaran, kami sarankan pelanggan melalui pembayaran online, karena mudah diakses. Kalau untuk kebutuhan keluhan teknis atau pemasangan baru atau ada hal-hal lain yang perlu disampaikan, silakan langsung ke kantor-kantor pelayanan kami,"tutup Firman.
0 Komentar